Strategi Baru Dalam Pengembangan SDM Untuk Pengurus Pemerintahan Desa: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dan Efektivitas Kepemimpinan

Main Article Content

Syaifuddin

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan efektivitas kepemimpinan di tingkat desa melalui penguatan kapasitas SDM pengurus pemerintahan desa. Dengan melibatkan berbagai pihak, seperti pemerintah daerah, lembaga pendidikan, dan organisasi masyarakat sipil, dilakukan serangkaian program pendidikan, pelatihan, dan pendampingan yang terstruktur dan berkelanjutan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan, keterampilan, dan sikap para pengurus desa terkait manajemen pelayanan publik dan kepemimpinan. Implementasi praktik-praktik baru, peningkatan partisipasi masyarakat, penerapan teknologi informasi, dan perubahan budaya organisasi menjadi indikasi positif dari keberhasilan strategi ini. Meskipun demikian, masih diperlukan upaya lanjutan dalam pemantauan dan evaluasi rutin, peningkatan kerjasama antarlembaga, serta mendorong partisipasi masyarakat untuk memastikan kelangsungan dan kesuksesan dari upaya pengembangan SDM ini dalam jangka panjang. Diharapkan bahwa hasil dari kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam meningkatkan kualitas hidup dan pelayanan publik di Desa Cipagalo serta di tempat-tempat lain yang serupa.

Article Details

How to Cite
Syaifuddin. (2024). Strategi Baru Dalam Pengembangan SDM Untuk Pengurus Pemerintahan Desa: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dan Efektivitas Kepemimpinan. RECORD: Journal of Loyality and Community Development, 1(1), 39-42. https://ejournal.mediakunkun.com/index.php/record/article/view/57
Section
Articles

How to Cite

Syaifuddin. (2024). Strategi Baru Dalam Pengembangan SDM Untuk Pengurus Pemerintahan Desa: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dan Efektivitas Kepemimpinan. RECORD: Journal of Loyality and Community Development, 1(1), 39-42. https://ejournal.mediakunkun.com/index.php/record/article/view/57

References

Dianto, I. (2019). Problematika Pendamping Desa Profesional dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kota Padangsidimpuan. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 239. https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.2829

Fatiya Diana Wulandari Putri, Angella Yunita Azarah, & Rahmasari Dwi Agustina. (2023). Peran Perangkat Desa dalam Menjaga Stabilitas Sosial dan Memberikan Pelayanan Publik di Desa Jubung. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(4), 230–247. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i4.2436

Ir. Hendra Hamid, M. S. (2018). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. In De La Macca (Vol. 1, Issue 1).

Lembong, F., Lapian, M. T., & Kalangie, F. (2017). Penataan Administrasi Desa Dalam Menunjang Efektivitas Penyelenggaraan Pemerintahan Di Desa Tewasen Kecamatan Amurang Barat. Jurnal Eksekutif, 1(1), (1-15).

Septiandana, A. C., Charteris, G., & Sholihin, M. R. (2019, June). Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDES) Di Desa Kebonsari Kecamatan Yosowilangun-Kabupaten Lumajang. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper (pp. 176-182).

Sholihin, M. R. (2019). Pendampingan Pengembangan UMKM dan Sosialisasi Nabung Saham Di Desa Pandansari Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Empowerment Society, 2(1), 43-48.

Sineke, A., Gosal, R., & Lapian, M. (2017). Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Desa Atoga Timur Kecamatan Motongkad. Jurnal Eksekutif, 1(1).

Sirimasa, N. (2018). Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Di Desa Jangailulu Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Eksekutif, 1(1).

Suhartono, S., Arsyad, N., & Amelia, F. (2020). Peran kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (Studi pada pemerintah desa tonasa dan desa mamampang, tombolo pao). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 336–353. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.142

Sukmana, E., & Islamy, H. (2019). Peranan Kepala Desa Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Fisik Di Desa Aikmel Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat Hishnul Islamy. (Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintahan), Vol. 4(No. 2), 97.

Suwarno, J. (2012). Kualitas Pelayanan Pemerintahan Desa (Studi Pelayanan KTP dan KK di Desa Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu). Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintahan Lokal, 1, 184–213.

Tryara Yulia Banobe, L. M. (2023). Village Government Governance Towards Improving Public Services in Kalidawir Village , Tanggulangin. Balitbang, 11(3), 323–338.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Republik Indonesia

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>